Wednesday, November 9, 2016

Taman Akuarium, Rumah Tinggal Hidupnya Ikan dan Tanaman Hias

Taman Akuarium adalah akuarium yang berisikan tatanan keaneka ragaman tanaman hidup yang ditanam di media tanah atau batu yang dilengkapi dengan kayu sebagai penambah nuansa alamni sehingga terlihat seerti taman indah dengan diisi oleh ikan hias dan mahkluk air pendukungnya seperti udang, keong atau sejenisnya.

Jenis tanaman hias air tawar untuk mempercantik aquarium sobat ada berbagai macam jenis. Tanaman ini dapat anda gunakan untuk menghias aquarium, dengan tumbuhan alami bukan dengan tumbuhan buatan sehingga aman. Tanaman hias aquarium ini dapat digunakan sebagai karpet aquarium yang alami, tempat tinggal atau sembunyi ikan, dan sebagai penyeimbang lingkungan aquarium.

Pilihlah tanaman air tawar yang memiliki warna hijau. Tanaman hijau pada umumnya tidak membutuhkan banyak dukungan sinar matahari langsung. Terlalu banyak sinar matahari justru akan memancing pertumbuhan alga berlebih yang akan berdampak negatif terhadap lingkungan akuarium. Hal ini dapat mengakibatkan menyita waktu sobat lebih banyak untuk pemeliharaan dan pembersihan akuarium.

Selain tanaman air dan ikan hias, ada penekanan pada substrat, tipe sinar yang sesuai untuk fotosisntesis tanaman air, filter yang cocok, penambahan karbon dioksida terlarut dalam air, puuk yang sesuai, penanganan lumut(algae), perawatan rutin tuk menjaga kualitas air dan tanaman serta ikan, dan lain sebagainya. Wow, jelaslah bahwa taman aquarium ini sangat berbeda dengan aquarium konvensional yang pada umumnya orang terapkan yang hanya berisi ikan hias saja, inilah yang disebut sebagai aquascapping atau penataan tanaman air dalam aquarium.

Taman aquarium akhir akhir ini  banyak diterapkan sebagai pemanis pajangan di berbagai perhotelan, kantor, rumah, restoran dan area umum. Akan tetapi sehebat apapun teknologinya yang dipakai , tetap saja memelukan penangana n secara manual. Hal ini dikarenakan menyangkut hajat hidup mahkluk hidup :)

Busyet, gak kebayang yah itu baru mengurus aquarium yang hanya sekian cm x cm? Sobat hanya tinggal beli ikan dan tanamannya terus dicemplungin ke aquarium. Apalagi mengurus makhluk hidup sedunia yah? Mulai dari bawah tanah, dalam air, darat hingga angkasa...Subhanalloh hebatnya Tuhan Yang Maha Pencipta dan Maha Pengatur!

Ok, kita kedepan akan membahas mengenai perawatan aquarium atau aquascape yah? Berikut ini pointnya :

No comments:

Post a Comment