Monday, November 7, 2016

Rasbora Harlequin, Ikan Hias Kecil Air Tawar Bercorak Patch Segitiga Hitam Merona

Rasbora Harlequin (awalnya bernama Rasbora heteromorpha, tetapi baru-baru berubah menjadi Trigonostigma heteromorpha). Pada umumnya lebih dikenal dengan nama rasbora harlequin atau ikan harlequin, karena adanya patch segitiga hitam pada tubuh, yang mengacu pada pola yang ditemukan pada kostum dari harlequin. kan ini juga termasuk jenis ikan hias yang berukuran kecil, panjang maksimalnya hanya 1,5 inci (4 cm) ketika dipelihara di akuarium.

Ikan hias Rasbora Harlequin merupakan jenis ikan dari rasbora yang paling populer dipelihara para hobiis ikan has dibanding denagan jenis ikan rasbora lainya. Ikan rasbora harlequin adalah ikan hias yang habitat aslinya adalah Asia Tenggara - Malaysia , Singapura , Sumatra dan selatan Thailand. Yang mana mendiami sungai dan badan air lainnya yang terletak di hutan rawa gambut.

Warna ikan rasbora harlequin sangatlah cantik dan unik. Dari kepala hingga ekor ikan rasbora harlequin berwarna merona, tepatnya oranye-merah muda. Yang menarik dari ikan ini adalah adanya wedge hitam > tanda hitam yang berawal dari tangah tubuhnya (dimulai sekitar bawah titik tengah lampiran dari sirip dorsal) yang lari dan semakin mengecil ke pangkal ekor.

Warana ikan rasbora harlequin juga dipengaruhi faktor-faktor seperti kondisi air dan dari mana ikan ini diperolah. Sirip dorsal, anal, ekor dan sirip perut semua berwarna merah, sirip ekor yang bercabang, dengan warna merah terkonsentrasi di sinar terluar, bagian dalam dari sirip ekor yang lebih hialin.

Ikan Rasbora Harlequin juga salah satu dari jenis ikan hias air tawar aquascape. Memelihara ikan Rasbora Harlequin ini sangat dianjurkan untuk minimal 5 ekor dalam satu akuarium, karena jika dipelihara kurang dari yang direkomendasikan ikan akan mudah stres.

No comments:

Post a Comment