Tuesday, November 8, 2016

Chinese Algae Eater, Ikan Hias Kecil Yang Suka Melekat Dengan Mulutnya

Chinese Algae Eater yang juga akrab dengan banyak nama, sepert misalnya India Algae Eater, Sucker Loach, Sucker Ikan, Golden Algae Eater. Ikan ini merupakan ikan asli dari Asia. Yang mana sebenarnya Chinese Algae Eater ( Gyrinocheilus aymonieri ) adalah genus tunggal dalam keluarga Gyrinocheilidae, yang termasuk keluarga kecil ikan cypriniform dari Asia Tenggara yang hidup di sungai air tawar gunung yang mengali deras.

Cina Algae Eater memiliki mulut yang memungkinkan untuk melekat pada benda yang ada di dasar sungai yang mengalir deras pada habitat aslinya. Mulut ini disebut suckermouth ( adalah suatu bagian perut berorientasi (inferior) mulut diadaptasi untuk merumput di alga dan organisme kecil yang tumbuh pada objek terendam).

Yang lebih unik dari ikan Cina Algae Eater dan kerabatnya adalah adanya celah insang dengan dua bukaan masing-masing. Air masuk melalui satu lubang, dan melalui daun lainnya. Hal ini memungkinkan ikan untuk bernapas tanpa harus mengambil air melalui mulut, yang digunakan untuk berpegang teguh pada permukaan.

Ikan Cina Algae Eater merupakan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, bahkan untuk hobis pemula karenaikan hias ini tidak mudah mati. Bahkan walaupun kondisi air sudah di anggap menjadi racun bagi ikan hias lain, ikan Cina Algae Eater tetap bisa bertahan hidup, akan tetapi jangan membuat air dengan kondisi yangtidak bagus dengan sengaja.

No comments:

Post a Comment