Wednesday, November 9, 2016

Molly Balon, Ikan Hias Kecil Yang Imut Mirip Balon

Ikan Molly Balon memiliki nama latin ikan Molly adalah Poelicia latipinna Sailfin molly, namun karena perut ikan ini saat dewasa buncit mirip balon banyak yang menyebutnya ikan molly balon. Bentuk ikan yang buncit dan lucu inilah yang menjadi daya tarik para penggemar ikan hias. Dengan corak warna yang bermacam-macam serta harga yang cukup murah, menjadikan ikan Molly balon diburu penggemar ikan hias dari anak-anak hingga orang dewasa.

Ikan Molly merupakan salah satu komoditas ikan hias air tawar di Indonesia. Konon ikan ini berasal dari kawasan Meksiko, Florida, Virginia. Ikan Molly termasuk dalam jenis ikan “live brearer” (melahirkan anaknya), bukan bertelur dan termasuk ikan omnivora.

Sampai saat ini ada beragam varietas dan warna yang sangat banyak ini disebabkan persilangan dan mutasi. Keindahan Ikan Molly Balon akan semakin tampak saat ikan ini sudah cukup besar dan berbentuk seperti bola. Ikan ini akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini.

Ikan Molly Balon termasuk ikan yang cukup mudah dipelihara dan tidak memerlukan properti yang bermacam-macam. Cukup dipelihara di akuarium, ember plastik,bak semen atau media lainnya. Untuk memelihara ikan ini tidak perlu perawatan yang intensif karena ikan ini memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. Ikan Molly tidak mudah terserang penyakit dan mempunyai daya tahan tubuh yang cukup baik dalam beradaptasi dengan lingkungannya.

No comments:

Post a Comment