Monday, November 28, 2016

Cabomba caroliniana, Tanaman Hias Air Berdaun Hijau Setengah melingkar Bak Bulu Kemoceng

Cabomba caroliniana adalah tanaman akuarium populer yang tersebar di sepanjang Amazon, dan sekarang ditemukan di Amerika Utara. Ditemukan tumbuh berakar dan mengambang di sunga dan kolam tanaman induk ini menghasilkan dedaunan berbulu cantik yang mencolok di alam dan dalam aquascape.

Tanaman ini mudah tumbuh dan tidak rewel, tapi menuntut banyak cahaya. Tanaman yang ditemukan secara alami di alam liar bisa tumbuh antara 2-10 kaki di bawah permukaan air. Cabomba cocok untuk tanaman background aquascape, daunnya yang hijau seperti bulu akan tampak indah dan alami bila tumbuh padat dan lebat.

Cabomba caroliniana adalah spesies invasif yang dapat tumbuh mendesak keluar atau memblokir cahaya untuk tanaman lainnya yang ada dibawahnya. Di Amerika Serikat Selatan (Florida, Alabama, dan Texas), dan di Daerah Utara (Oregon, Washington dan New York), Cabomba caroliniana dianggap sebagai spesies non-pribumi invasif. Pertumbuhan yang cepat dan reproduksi dari fragmen telah menggangu dan memadati saluran air, cekungan drainase, dan gorong-gorong.

Australia juga telah melarang impor Cabomba caroliniana dan telah melakukan tindakan agresif (seperti inspeksi kapal) untuk mencegah masuk saluran air mereka. Cabomba caroliniana umum disebut sebagai Green Cabomba atau fanwort.

Cabomba caroliniana yang terbaik ditanam dalam kelompok yang padat antara 3-7 batang. Ketika ditempatkan di daerah midground atau latar belakang, batang akan berfungsi sebagai bagian menarik dalam aquascape. Pemangkasan tanaman pada ruas yang lebih rendah akan memaksa tanaman untuk mengeluarkan tunas samping yang dapat membuat tanaman tampak lebih rimbun.

No comments:

Post a Comment