Wednesday, November 9, 2016

Sepat, Ikan Hias Kecil Mirip Gurame Berpecut Cambuk

Ikan Sepat sebenarnya ikan ini adalah suku gurami, Osphronemidae. Tubuh ikan ini pipih dan bermoncong runcing sempit, mempunyai panjang keseluruhan beserta ekor hingga 120mm / 12 cm. Seperti kerabatnya yang bertubuh lebih besar, sepat siam (T. pectoralis), ikan ini merupakan ikan konsumsi yang disukai orang, meski umumnya hanya bernilai lokal. Namun di samping itu terdapat pula varian-varian hiasnya yang berwarna menarik, yang populer sebagai ikan akuarium.

Ikan ini banyak dikenal dengan nama-nama lokal seperti sepat sawah, sepat jawa, sepat biru, sepat ronggeng (Mly.), sapek (Min.) dan lain-lain. Dalam perdagangan ikan hias, bergantung pada varietasnya, ikan ini dikenal dengan nama-nama (Ingg.) seperti Three spot gourami, Blue gourami, Cosby gourami, Gold gourami, Golden gourami, serta Opaline gourami

jenis ikan ini sendiri dapat ditandai dengan memiliki Warna ikan ini sangat indah yaitu abu-abu atau kebiruan dengan pola butir-butir berwarna kehijauan atau keperakan seperti taburan mutiara yang banyak sekali. Sepasang jari-jari terdepan pada sirip perut berubah menjadi alat peraba yang menyerupai cambuk atau pecut, yang memanjang hingga ke ekornya, dilengkapi oleh sepasang duri dan 2-3 jumbai pendek

Ada sebuah garis hitam horisontal yang berjalan dari bibir hingga ke ekor pada tengah sisi tubuh. Warna ikan jantan lebih berwarna-warni, dengan tenggorokan dan sirip dubur bagian depan berwarna kemerahan.

Ikan yang bertubuh pipih dan bermoncong runcing sempit, panjang total hingga 120mm. Perak buram kebiruan atau kehijauan, dengan beberapa pita miring berwarna gelap, serta bercak hitam masing-masing sebuah pada tengah sisi tubuh dan pada pangkal ekor.[2] Namanya dalam bahasa Inggris, Three spot gourami, merujuk pada kedua bintik hitam itu, ditambah dengan mata sebagai bintik yang ketiga.Sirip ekor berlekuk (berbelah) dangkal, berbintik-bintik.

No comments:

Post a Comment