Friday, September 30, 2016

Ikan Zebra Danio, Ikan Hias Kecil Bercorak Kuda Zebra Yang Gesit Penuh Pesona

Salah satu jenis ikan kecil yang berwarna cerah adalah red zebra atau bisa juga disebut dengan ikan pink danio atau disebut Zebra Danio (Brachidanio rerio) berasal dari Myanmar, India, dan Srilangka. Ikan berbadan kecil memanjang, dengan buntut dan sirip yang cukup panjang, serta warna merah jambu ditubuhnya dengan dihiasi garis-garis putih halus dari kepala hingga ke ekornya.

Ikan ini sangat lincah dan aktif dengan ukuran tubuh maksimal sekitar 5 cm. Pergerakannya didalam aquarium terkesan gesit dan berenang dengan cepat kesana-kamari. Ikan kecil ini bisa memakan cacinh beku, cacing sutra, cacing kering, serta pellet halus. Pink danio bisa dicampur dengan ikan-ikan kecil serupa seperti misalnya ikan neon, guppy, dan ikan molly.

Ikan ini bersifat omnivora, tetapi senang pakan alami permukaan seperti kutu air karena hidupnya di kolam air. Ikan zebra lazimnya ditemukan tumbuh dan berkembang pada perairan yang mengalir. Oleh Karena itu kalau ia dipelihara dalam aquarium atau bak pemeliharaan air terlihat amat gesit dan lincah. Begitu lincahnya ada kesan si zebra ini amat liar padahal didalam aquarium ia hidup amat tentram dengan ikan jenis lain meski tidak seukuran dengannya.

No comments:

Post a Comment