Friday, September 30, 2016

Ikan Hias Manfish, Ikan Malaikat Kecil Yang Layang-layang Dalam Damai

Ikan Manfish sering juga di kenal dengan nama ikan malaikat atau Angel sangat menarik serta menawan bagi siapa yang meliriknya. Bernama latin Pterophyllum scalare, ikan ini tergolong ke dalam famili Cichlidae, mempunyai ciri-ciri morfologis bentuk tubuh pipih dengan tubuh seperti anak panah, memiliki warna dan jenis yang bervariasi, sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor sehingga tampak sebagai busur, dan pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor.

Ikan Angel memiliki warna dan jenis yang bervariasi dengan bentuk tubuh pipih seperti anak panah. Sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor, sehingga tampak sebagai busur yang berwarna gelap transparan. Selain itu pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor.

Dibutuhkan aquarium yang luas untuk berenang serta tempat persembunyiannya. Ikan angel akan bersembunyi dalam akuarium baru dan akan mulai menonjolkan diri jika tidak dibuli oleh ikan angel lainnya. Angelfish suka berkelahi dan menyerang ikan angelfish lain yang datang belakangan, ini di sebabkan ikan ini memiliki sifat teritorial dan akan menjaga batas teritorialnya tersebut.

Manfish adalah ikan yang cenderung hanya melayang dan terkesan paling kalem diantara jenis ikan hias yang lain, bergerak hanya seperlunya, nampak seperti layang2 yang dipancer ditengah sawah. Ikan ini walaupun tampak kalem dan damai, tetapi ikan manfish ini akan lebih agresif terhadap sesama jantan terutama setelah berumur 8-12 bulan.

No comments:

Post a Comment