Wednesday, September 14, 2016

Ikan Hias Cupang, Si Kecil Dengan Sirip dan Ekor Lebar dan Indah


Ikan Cupang (Betta sp.) adalah salah satu ikan hias kecil yang sangat unik karena ikan ini memiliki dua jenis antara lain ikan cupang hias dan juga ikan cupang aduan dan cupang liar. Ikan ini juga memiliki ekor dan sirip yang lebar dan sangat indah jika diamati serta mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Ikan cupang termasuk ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Karena indah, lucu dan awet lama, ikan cupang banyak digandrungi para pecinta ikan hias. Tujuan untuk memelihara ikan cupang pun bermacam-macam, ada yang hanya sekedar iseng hingga yang memang hobi untuk dilombakan. Ikan ini memiliki daya tarik pada keberagaman warna dan bentuk ekor serta siripnya yang unik maka dari itu tidak heran jika pecinta ikan hias banyak yang membudidayakan ikan cupang melalui perkawinan silang untuk mendapatkan jenis ikan cupang yang unggulan.

Sebenarnya jenis ikan cupang sangatlah beragam. Keberagaman tersebut terjadi karena banyak sekali orang yang melakukan silangan untuk ikan cupang sehinga jenis ikan cupang semakin lama jelas semakin banyak.

Aneka Jenis Ikan Cupang
Para pecinta ikan hias menamakan jenis ikan cupang hanya berdasarkan bentuknya dan warna, misalnya seperti halfmoon (setengah bulan), crown tail (ekor mahkota),  plakat (adu), double tail (ekor ganda), giant (raksasa) dan lain sebagainya. Penamaan ikan cupang hasil budidaya biasanya hanya dinamakan berdasarkan pengelompokannya saja.


Harga
Harga ikan cupang juga terbilang cukup terjangkau berkisar antara 2.500 hingga 100.000-an rupiah saja.

No comments:

Post a Comment