Friday, September 30, 2016

Ikan Molly, Ikan Hias Kecil Mungil Yang Berwarna Warni Beraneka Ragam Bentuknya

Ikan molly ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki warna-warna yang menarik dengan tubuh yang mungil namun sangat lucu. Bernama latin Poecilia sphenops berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan ini bersifat omnivore. Ikan ini juga bersifat damai sehingga cocok untuk di satukan dalam komunitas akuarium. Tidak diperlukan ukuran akuarium yang terlalu besar untuk ikan molly ini karena pada saat dewasa ikan ini hanya akan mencapai ukuran maksimal sekitar 12 cm. Ikan betina memiliki ukuran tubuh lebih besar dari jantan.

Ukuran tubuhnya relatif kecil, maksimal sekitar 12 cm. Hingga kini sudah banyak varietas yang beredar di pasaran dengan warna dan bentuk tubuh yang beragam akibat persilangan dan mutasi. Molly balon, misalnya, yang bertubuh seperti bola akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini bila ukurannya sudah besar.

Untuk makanan ikan ini termasuk omnivora artinya bahwa ikan ini menyukai semua jenis makan baik itu pelet, cacing rambut, blood worm (cacing beku). Untuk pemeliharaan ikan ini juga termasuk mudah untuk berkembang biak.








No comments:

Post a Comment