Wednesday, May 27, 2020

Keong Pond/Telaga/Kolam, Perannya tak sebaik Reputasinya

Keong Pond/telaga/kolam (pond snail). Keong ini dianggap sebagai hama akuarium, sehingga keong ini memiliki reputasi yang kurang menyenangkan.

Kesalahan paling umum yang dilakukan orang dalam akuarium adalah terlalu banyak memberi makan (overfeed). Overfeeding adalah kesalahan utama yang menyebabkan banyak masalah dalam tank seperti munculnya parasit, penyakit ikan, kelebian amoniak, dan ledakan populasi keong. Banyak penghobi aquascape yang menyalahkan keong kolam karena populasinya sangat mudah berkembang dan menjadikannya hama karena merusak penampilan tank, padahal merekalah yang kurang bisa menjaga kesehatan tank. Keong tidak akan mengalami ledakan populasi jika Anda mengurangi makanan dalam tank.

Hal yang baik tentang Keong Kolam adalah kemampuan pembersihan mereka. Saya suka memeliharanya di tank udang karena keong ini adalah pemulung yang hebat. Makanan sisa atau bangkai udang/ikan yang mati akan cepat dimakan oleh keong ini. Hal lain yang saya sukai dari keong kolam adalah mereka tidak tumbuh dengan ukuran yang besar. Keong kolam terbesar yang pernah saya lihat mungkin berukuran sekitar 1/4 inci.

Sebaiknya pelihara keong kolam di dalam tank udang. Jika keong berkembang pesat, maka itu pertanda anda sedang overfeeding. Beri makan udang Anda kiranya bisa habis dalam 2 jam. jika Lebih dari itu, anda akan menemukan ledakan populasi keong kolam.

No comments:

Post a Comment