Friday, August 26, 2016

Takashi Amano, Sang inspirator Aquascape/Nature Aquarium


"Untuk mengetahui alam adalah dengan mencintai kreasi terkecilnya" itulah kata bijak Takashi Amano seorang tokoh inpirasi dunia Nature Aquascape dan fotografi dari Jepang. Fotografi membawanya ke seluruh dunia. Beberapa karyanya tersebut diambil di Kalimantan, Afrika Barat, Amazon dan daerah lainnya. Karyanya dinikmati d seluruh dnia. Pada tahun 2008 karyanya dinimkati pemimpin penting di dunia yang bertepatan pada pertemuan puncak G8* di Tokyo, Jepang.

Amano adalah seorang aquarist sekaligus seorang fotografer dan desainer pula. Ketertarikannya kepada aquascape mengantarnya mendirikan mendirikan perusahaan di Jepang yang bernama Aqua Design Amano (ADA). Perusahaan ini bergerak dibidang desain dan mengembangkan produk akuarium, pencahayaan dan sistem pasokan CO2. Selain itu Amano adalah pengarang buku tentang Nature Aquarium World, tiga buku seri tentang aquascaping, tanaman aquarium air tawar dan ikan.

Beliau meninggal pada tahun 2015 di usia 61 tahun. Dia mengubah persepsi kita akan aquarium, dari kotak kaca untuk memelihara ikan hias menjadi sebuah miniatur taman yang bernilai karya seni. Karyanya terus hidup melalui melalui para aquascaper dan komunitas yang telah terinsporasi olehnya.

Ini dia hasil karya seni "Nature Aquarium" Takahshi Amano memberikan nuansa ekosistem air yang alami yang di dalamnya menggabungkan kreatifitas teknik tata letak tanaman, bebatuan, batang atau akar pohon, ikan hias pilihan dan penggunaan instalasi elektri lampu dan sirkulasi udara dan co2. Banyak esensi belajar dari Ibu Alam kental di sini. Ok, silakan menikmati "the grand nature in a glass".















Dua foto pemandangan dari Takashi Amano yang ditampilkan di G8 Hokkaido Toyako Summit yang diselenggarakan dari tanggal 7 Juli hingga 9 2008. Foto hutan pohon cedar murni di Pulau Sado.












.














 

Wow, banyak esensi pembelajaran yang dapat kita ambil dari alam ini. Sebuah anugerah Tuhan yang telah menciptakan dan mengatur semua makhlukNya tanpa sia-sia. Apalagi dapat di berdayakan dan dikelola secara baik seperti yang dilakukan oleh sang maestro aquascape kita terhadap itu semua yang dapat disumbangsihkan kepada banyak orang, Takahi Amano. Lalu, bagaimana dengan inpirator aquascape dalam negeri kita di Indonesia? Ok,kedepan kita akan bahas bersama.


* G8=Group of Eight, Kelompok 8, koalisi delapan negara termaju di dunia. Peristiwa terpenting dalam G8 adalah pertemuan ekonomi dan politik tahunan yang dihadiri para kepala negara dan pejabat-pejabat internasional, meski selain itu masih ada pertemuan-pertemuan dan penelitian-penelitian kebijakan lainnya yang lebih kecil. Para pemimpin G8 saat ini adalah:

     Kanada — Perdana Menteri
     Perancis — Presiden
     Jerman — Kanselir
     Italia — Perdana Menteri
     Jepang — Perdana Menteri
     Rusia — Presiden
     Amerika Serikat — Presiden
     Direktur Dana Moneter Internasional (IMF)

Hehe biar sedikit melek dunia perpolitikan dan ekonomi macro :)

No comments:

Post a Comment