Saturday, August 27, 2016

Aneka Janis Gaya/Style/Theme Aquascape Yang Populer Di Dunia















  • Dutch Style
    Tema aquascape ini di perkenalkan oleh bangsa belanda pada tahun 1930an, Cirinya adalah mengacu pada penyusunan antara 10 hingga lebih jenis spesies tanaman air dengan susunan cenderung bergerombol sampai terlihat solid. Warna antara tanaman disusun sehingga serasi dengan tanaman sekitarnya.
  • Nature Style
    Tema ini di populerkan oleh tokoh fotographer berbangsa jepang bernama Takasi Amano di tahun 1980an yang mengacu pada suatu bentuk taman, hutan dan bukit yang menciptakan senatural mungkin dan mengutamakan kealamian dalam formasinya. Gaya ini ditandai dengan memperhatikan keselarasan dan pengelompokan batu, kayu dan tanaman air dalam rangka menciptakan representasi miniatur bawah air dari lanskap terestrial tertentu.
  • Iwagumi Style
    Yang paling utama dalam gaya aquascape ini, adalah susunan batu-batuan di dalamnya. Dipopulerkan oleh Takashi Amano juga. Ada empat buah jenis batuan dalam Iwagumi Style, yaitu Oyaishi, fukuishi, soeishi dan suteishi. Untuk Iwagumi style, akan saya bahas pada posting selanjutnya.
  • Jungle Style
    Menyerupai hutan alamai.
  • Taiwanese Style
    Menyerupai kehidupan manusia di darat, terlihat seperti replika miniatur kehidupan kita di darat. Gaya ini biasanya ada penambahan aksesoris atau ornamen berupa replika miniatur rumah, patung, jembatan, tanaman dan ikan dan sebaginya. Gaya ini sudah jarang digunakan.
  • El Natural Style
    Style ini lebih mengacu ke ekosistem asli untuk habitat penghuninya.
  • German Open STyle/Paludarium
    Tema ini mengacu pada tanaman yang berada di aquarium yang berisi 1/2 air dengan isi tanaman darat dan tanaman air.
  • Wabikusa Style
    Tema yang mengacu pada tema aquascape yang berbentuk pulau yang terbuat dari tanah padat ini diperkenalkan oleh perusahaan ADA.
  • Free Style
    Jenis ini adalah yang paling umum untuk para pemula aquascape. Tipe collector memakai berbagai macam jenis tanaman yang disusun sesuka hati. Saya pun pertama kali memakai gaya ini.
Sekian penjelasan secara global tentang jenis-jenis gaya aquascape yang populer di dunia hingga saat ini. Kedepan kita akan mencoba membahas bersama lebih detail lagi satu persatu dari masing-masing jenis aquascape tersebut.

No comments:

Post a Comment