Wednesday, August 31, 2016

Momentum Gerhana Matahari Cincin 1 September 2016, Aquascape bertemakan Langit atau Luar Angkasa saatnya dilirik.

Hari ini, sebagian wilayah Indonesia akan dilewati fenomena gerhana matahari cincin pada 1 September 2016. Fenomena langka ini akan dapat dirasakan di 124 kota di 10 provinsi Indonesia.Berdasarkan situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (31/8/2016), fenomena gerhana matahari itu terjadi pada sore hari. Alur gerhana itu akan melewati Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar dan Samudera Hindia.

Puncak gerhana akan pertama kali teramati di Seai-Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 17:52:18,5 WIB untuk selanjutnya menyebar ke lokasi lainnya di Sumatera.Setelah puncak gerhana ini, matahari pun terbenam di semua kota di Lampung, serta di beberapa kota di Sumatera Selatan dan Bengkulu. Adapun proses gerhana berakhir ketika kontak terakhir terjadi. Wah, detik detik yang memesona siapa gerangan yang melihat kuasaNya. Amazing!

Indonesia memang sangat beruntung bisa menikmati Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Sebagian yang porsinya cukup besar karena jadi lintasan dari totalitas Gerhana Matahari 9 Maret 2016.

Tertarik mengamati? Boleh saja. Jangan lupa prinsip umum saat pengamatan gerhana, yaitu selalu memakai alat bantu, seperti kacamata gerhana ataupun pinhole. Karena gerhana besok adalah gerhana sebagian, pengamat harus terus memakai alat bantu sepanjang pengamatan.

Nah, bagaimana jika momen tersebut kita alikasikan ke dalam sebuah tema langit atau luar angkasa atau aquascape yang notabene hingga saat ini belum ada atau memenag belum diekspos keberadaanya? Saatnya kini kita coba ekslor bersama tema tersebut yang mudah-mudhaan bisa dijadikan tambahan tema-tema yang kebanyakan orang tahu seperti Dutch Style, Nature Style, Iwagumi Style, Taiwanese Style, El Natural Style dan Free Style. Bolehlah Spacesky Style hehe :)

No comments:

Post a Comment