Wednesday, May 23, 2018

Indonesia, Kaya Akan Aneka Ragam Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Air Laut

Jumlah ikan hias untuk air tawar di dunia sangatlah banyak sekali. Untuk jenis asli Indonesia saja terdapat lebih dari 400 (empat ratus) spesies ikan air tawar dan  650 species ikan hias air laut. Dan diperkirakan hanya 90 spesies saja yang dibudidayakan. Untuk pembudidayaan ikan, ikan air tawar lebih mudah untuk dibudidayakan dibandingkan dengan ikan air laut. Dan dari banyaknya ikan yang ada, banyak dari kita yang belum tahu tentang ikan – ikan yang akan kita koleksi baik di rumah ataupun di tempat lain ini.

Potensi ikan hias yang melimpah dan kondisi alam yang sangat mendukung ini membuka peluang kita untuk meningkatkan ekspor komoditas ikan hias. Belum lagi, potensi pasar dalam negeri.

Pada 2015, ekspor ikan hias air laut Indonesia menduduki peringkat 3 dunia dengan nilai ekspor mencapai US$5,43 juta, sementara ekspor ikan hias air tawar menduduki posisi 5 dengan nilai ekspor mencapai US$ 14,16 juta. Tapi ingat, Negara Singapura yang saat ini masih merajai pasar ikan hias dunia. Bagaimana mungkin kita bisa kalah? Laut kita luas, sumber daya kita berlimpah, tapi kenyataannya, kita belum jadi nomor satu di dunia ikan hias. Padahal Singapura luasnya mungkin sama dengan Tangerang ini.Indonesia terus bersaing dengan Singapura, Malaysia, Spanyol, Jepang, Ceko dan Thailand yang menguasai pasar ikan hias dunia.

Hal ini memperlihatkan kesempatan yang terbuka luas bagi Indonesia untuk memimpin pemasaran ikan hias internasional. Ini dia target Pembangunan Industri Ikan Hias Indonesia dalam mereson Peluang dan Tantangan menjadi Produsen dan Eksportir Ikan Hias Nomor 1 di Dunia. wow!

No comments:

Post a Comment