Wednesday, April 18, 2018

Kenapa Sebagian (Besar/Kecil) Penghobi Aquascape Pilih Aquarium Akrilik Dibanding Aquarium Kaca?

Sebelumnya kita sudah membahas mau pilih bahan media aquascae antara aquarium Akrilik atau Kaca? Kali ini kita akan bedah tentang Aquarium berbahan Akrilik yach..

Jelas beda bahannya antara aquarium akrilik dan aquarium kaca. Aquarium kaca telah lama menjadi pilihan favorit bagi para pembuat aquarium dan aquascape. Ini dia bahan krilik memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan kaca, diantaranya adalah :

  • Akrilik 17 kali lebih kuat daripada kaca.
  • Akrilik lebih lembut dan lebih fleksibel daripada kaca, sehingga sangat tahan lama.
  • Akrilik beratnya 50% lebih kecil dari kaca, sehingga jauh lebih portabel.
  • Akrilik memiliki insulasi termal 20% lebih baik daripada kaca, sehingga mampu mengurangi fluktuasi suhu.
  • Akrilik memiliki tingkat transparansi 90-93%, sehingga sangat jelas seperti kaca optik. Pada dasarnya, akrilik paling terang dari semua material yang dikenal.
  • Akrilik tidak mudah rapuh dan kuning, kalau media lastik bisa seperti itu. Akrilik tidak. 
  • Akrilik dengan spesifikasi yang tepat tidak akan melengkung atau mendistorsi dan terdistorsi.
  • Akrilik harnya lebih oke dibanding kaca


Sampai saat ini,lebih banyak penggemar aquarium yang beralih ke akrilik karena banyaknya keuntungan. Jika Anda beralih dari tangki kaca ke akrilik, ingatlah untuk menggunakan alat-alat akrilik untuk membersihkan dinding tangki, jangan pernah menggunakan pisau dapur apalagi pisau cukur apalagi golok atau kapak apalagi pedang.

Pada umumnya hampir semua akuarium modern dibuat dari akrilik. Meskipun material ini dapat tergores,tapi goresannya mudah digosok tanpa harus mengeluarkan ikan atau air. Ketika mencari sebuah aquarium akrilik, bagian atas yang memiliki bagian untuk filter dan akses harus memiliki ketebalan yang sama seperti bagian dinding bawahnya. Perhatikan juga bahwa akuarium ini perlu berdiri dengan tegak dan mampu mendukung seluruh dasar tangki untuk mendistribusikan beban secara merata.

Ukuran dan Bentuk Standar Aquarium

Tak dapat dipungkiri bahwa aquarium kaca telah lama digandrungi dan akan terus memberikan kesan bagi mereka yang tetap setia. Tapi aquarium akrilik adalah tren zaman now dan tren masa depan.

No comments:

Post a Comment