Friday, October 14, 2016

Corydoras, Ikan Hias Mirip Tikus Kecil Yang Pemalu Dan Lucu

Ikan Corydoras merupakan salah satu ikan catfish yang banyak dipelihara. Bentuknya lucu dan cara berenangnya mirip sekali dengan tikus yang berlari jika terlihat oleh manusia. Karena itulah membuat ikan ini sering pula disebut ikan tikus.

Namanya yang unik ternyata berasal dari bahasa Yunani yaitu Kory yang berarti topi zirah dan doras yang artinya kulit. Mereka memiliki banyak spesies. Ikan yang termasuk dalam keluarga Callichthyidae ini memiliki 142 spesies yang baru ditemukan, dan masih banyak lagi spesies yang masih ada dan belum diberi nama. Luar biasah!

 ini secara penampakan memiliki kemiripan degan ikan Botia dari Sumatra. Tubuhnya sedikit pendek dan sisi pundaknya agak tinggi sedangkan posisi mulut ikan ini sedikit ditekuk ke arah bawah. Sebagai alat bantu dalam melacak makan, ikan ini telah dilengkapi dengan dua kumis yang terdapat pada ujung mulutnya. Kumis inilah yang berfungsi sebagai indera peraba. Sisi badannya ditutupi oleh sisik yang tidak tipis, atau yang lebih tepat sebagai scute atau sisik.

 Melihat tingkah ikan Corydoras ini cukup unik. Mereka suka menggali atau mengeruk pasir dan bebatuan ketika mereka sedang mencari makanannya. Hobi mereka yang tinggak di dasar akuarium dan tingkahnya yang unik ini membuatnya berguna dalam membersihkan sisa makanan yang terbenam dalam pasir, sekaligus membersihkan akuarium. Namun, kotoran yang tidak dimakan ini bisa menumpuk di dasar akuarium sehingga penggantian air pun harus dilakukan untuk menjaga kualitas air.

No comments:

Post a Comment