Monday, October 2, 2017

Melestarikan Khas Alam Air Dengan Biotope Dalam Aquascape


Kini banyak sudah penghobi aquascape sudah menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Ciri khasnya adalah sebuah akuarium berisi ikan hias, hewan air lainnya serta yang dilengkapi dengan tanaman hias air, kayu dan bebatuan. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa jenis ragam desain aquascape ini dibagi menjadi sembilan tema. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tema Natural Style, yaitu tema aquacaspe ini lebih mengacu ke ekosistem asli untuk habitat penghuninya.

Tema aquascape naturalist memfokuskan pada tata seni desain scaping agar tata letak dan kehidupan biota di dalam akuarium terlihat natural seperti di alam aslinya. Inilah yang kini sedang heboh hebohnya dengan nama tema Natural bergaya biotope.

Biotope itu apa ya? Ok, ini dia "A biotope aquaria is an aquarium that is set-up to simulate a natural habitat. The fish, plants, water chemistry, and furnishings are similar to those that can be found in a specific natural setting. ( more) Always check compatibility! Some species from a particular habitat are not suitable tankmates". Hehe :) Jadi biotope itu adalah suatu keadaan geografi terkecil habitat yang dibuat di media akuarium agar miri dengan habitat aslinya, baik itu ikan, tumbuhan, kimia air, suhu, arus, tanah, bebatuan dan sekitanya.

Memang untuk membuat biotope ini harus banyak banyak informasi yang harus kita gali dengan cara survey ke lokasi alam aslinya atau aca-baca dari berbagai sumber referensi baik buku, video, dan lainnya. Jadi memang harus benar-benar memahami flora dan fauna sesuai habitatnya aslinya. Jadi bukan sembarangan menempatkan flora dan fauna.

Coba sobat bayangkan keanekaragaman hayati se nusantara dari sabang sampe merauke, wow amazing bgt buat dijaidkan insirasi biotope aquascape kita. Secara tidak langsung kita juga ikut melestarikan biotope itu sendiri.

No comments:

Post a Comment